top of page
Writer's picturepsychotalk.id

Tiga Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menggurangi Stres


Sebagai manusia kita bisa mengurangi tingkat stress yang kita alami dengan berbagai macam aktivitas seperti berolahraga, melakukan hobi, dan mengerjakan seni. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress dengan berolahraga.


1. Berolahraga

Stress berhubungan langsung dengan berbagai fungsi tubuh manusia. Ketika seseorang mengalami stres maka keseimbangan tubuhnya berjalan dengan tidak baik. Seseorang menjadi lebih mudah terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh menurun karena terganggungnya sistem pencernaan. Selain itu meningkatkan faktor penyakit degeneratif. Olahraga yang teratur dapat menurunkan terjadinya gangguan mood (perasaan) yang dialami seseorang. Hal ini terjadi karena adanya perubahan bahan kimia, yang terjadi di otak manusia yaitu peningkatan hormone serotonin dan dopamine serta sekresi (penurunan), endokrin (Wahyudi, Bebasari, dan Nazriati, 2015). Semakin rutin berolahraga maka tingkat stres akan berkurang. Adapun fungsi olahraga (Kompas, 2018) pada stres diantaranya menurunkan hormon depresan pada tubuh dan meningkatkan self - efficacy seseorang . Lalu olahraga seperti apa yang bisa dilakukan ?

a. Berjalan kaki

orang yang rutin berjalan kaki akan mendapatkan banyak manfaat diantaranya melepaskn ketegangan otot, melatih pernapasa serta menenangkan sistem saraf. Baik kamu pemula kamu bisa melakukan 2-3 kali dalam seminggu krng ebih 10 menitt. Jka sudah terbiaa kamu bisa melakukannya setiap hari dengan durasi 30 menit.

b. Yoga

Seluruh gerakan yoga melibatkan kekuatan fisik dan pikiran seseorang. tentunya hal ini akan mengurangi ketegangan otot dan fisik. Dalam beberapa penelitian diktakan bahwa yoga mampu memicu relaksasi tubuh dan mengurangi tekanan darah. Kamu dapat melakukannya secara rutin dalam 6 hari dengan durasi 30-45 menit.

c. Pilates

Serupa dengan yoga, pilates juga memerlukan kekuatan tubuh, olahrga ini mampu meningkatkan kekuatan otot, melatih kelenturan dan daya tahan tubuh Pilates juga dapat mengurani nyeri punggung dan leher

d. Kickboxing

Ketika kamu marah dan memilikii emosi negatif lebih baik kamu melakkan olahraga ini dariapada memukul dan menendang orang lain. Olahraga kickboxing menggunakan gerakan pukulan dan endangan yang tentunya dapat mengurangi kadar stress. Olahraga ini akan melatih keampuanmu untuk menjaga keseimbangan, kelenturan, dan koordinasi.

e. Tenis

Olahraga tenis dilakukan secara berpasangan sehingga kamu hars berinteraksi dengan orang lain bisa dengan orang-orng tersayang atau menjain hubungan pertemanan baru. Selain mengurangi stres olahraga ini juga dipercaya melatih kekuatan jantung dan menjaga tekanan darah seseorang.


Selain olaharaga di atas kamu juga bisa melakukan olahraga yang lain sedan dilakukan dengan teratur.


2. Terapi tawa

Terapi tawa ditemukan oleh Norman Cusins pada tahun 1979 dengan buunya "Anatomy Of Illness" yang menuliskan bahwa tertawa dapat memuncullkan rasa bahagia, gembira harapan, percaya diri, hingga cinta pada seseorang. Kemudian semakin populer setelah Dokter Hunter "Patch' Adams seorang dokter anak yang memberikan terapi tawa dengan berdandan menadi seorang badut.

a. Mengurangi stres.

Menurut penelitian Loma Linda University School of Medicine di California tahun 1988 menyebutkan terjadinya penurunan hormon stres adrenalin. dn kortiol pada orang yang menonton film lucu selama 60

menit.

b. Meningkatkan Imun

Selain mengurangi stes terapi tawa juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh manusia. Hal ini terjadi karena sel T dan sel B pada darah jumlahnya meningkat sehingga dapat menyerang virus/bakteri sumber penyakit.

c. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dengan tertawa maka aliran darah akan lancar oksigen dapat terdistrubis dengan baik ke seluruh organ tubuh, dan nantiny akan membantu sistem pernapasan manusia juga, hal ini diperkuat dari penelitian (Desinta dan Ramdhani, 2013) yang menunjukkan penurunan stres pada penderita Hipertensi.



3. Mandala Art Therapy

Terapi mewarna adalah salah satu metode yng digunan untuk mengurangi stres. Penggunaan warna dalam terapi ini akan mempengaruhi energi dalam tubuh sehingga menjadi seimbang lagi (Noor, Saleem, Azmat & Arouj, 2017). Mandala adalah salah satu terapi mewarnai yang bisa digunakan dalam mengurangi stres. Sudah banyak penelitian mengenai Mandala yang mengatakan bahwa terapi mewarnai Mandala dapat digunakan sebagai terapi yang dapat digunakan dalam diagnosis dan pengobatan kondisi psikologis gejala, dan gangguan. Berdasarkan penelitian Mandala dapat mengurangi stres sebesar 15%.

Beberapa manfaat Mandala :

a. Membaw kedamaian dan ketenangan

b. Membantu memusatkan perhatian (berkonsentrasi)

c. Memafasilitsi keseimbangan

d. Mengolah perasaan dan pikiran dengan kreatifitas tanpa dibatasi.


Wah ternyata banyak juga ya yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres. Stres bisa dikurangi dengan berbagi macam cara dan banyak pilihannnya, tentukan caramu dan pilihlah sesuai keinginanmu saat ini juga .



coping stress is matter

mental health is matter



Salam

Psychotalk.id

YAW


Daftar Pustaka

Daftar Gambar






13 views0 comments

Comments


bottom of page