top of page
Writer's picturepsychotalk.id

Self-Care: Merawat Diri Agar Menjadi Lebih Baik Lagi


Self-care atau biasa disebut juga perawatan diri merupakan perlakuan yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional diri kita sendiri. Kita semua pasti merasakan lelah dan stres ketik self-care atau perawatan diri dengan cara yang lebih positif, kita akan jauh lebih kuat dan lebih mampu menangani rasa stres ketika kita merawat diri yang terbaik baik secara fisik maupun emosional.

Namun sayangnya, banyak orang berpikir bahwa self-care sebagai suatu hal yang mewah dan bukan prioritas. Akibatnya ketika seseorang tidak melakukan self-care untuk diri mereka sendiri, mereka akan merasa kewalahan dan tidak siap untuk menangani suatu masalah yang ada.

Mengapa melakukan self-care itu penting?

Semua orang pasti pernah dan akan mengalami masa-masa yang dianggap kurang menyenangkan sehingga dapat memicu timbulnya kecemasan. Kita juga pasti merasakan lelah dan stres ketika sehabis mengeluarkan tenaga fisik dan emosional. Situasi seperti ini akan menimbulkan beberapa masalah-masalah lain dalam kehidupan, seperti masalah kesehatan diri. Oleh karena itu, perawatan diri atau self-care yang baik serta adanya kemampuan yang dimiliki dalam melakukan perawatan diri sangat penting dan perlu dilakukan oleh individu dalam mengontrol segala situasi dan kondisi yang dialami karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Berikut merupakan manfaat jika kamu meluangkan waktu untuk menjaga perawatan diri kamu:

1. Meningkatkan kesehatan fisik

Ketika kamu melakukan self-care dengan diet sehat atau olahraga dengan teratur itu akan memberikan dampak lebih besar kepada kesehatan fisik kamu.


2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Emosional

Ketika kamu meluangkan waktu untuk melakukan self-care kepada diri sendiri, itu dapat mengingatkan Kesehatan emosional kamu. Memiliki tubuh yang dirawat dengan baik dapat membuat kamu merasa nyaman dengan diri sendiri dan hidup kamu, dan lebih menghargai diri sendiri. Self-care akan berdampak jangka Panjang bagi Kesehatan emosionalmu.

3. Kamu dapat lebih merawat diri sendiri dengan baik

Masing banyak orang-orang yang mengabaikan kebutuhan mereka sendiri dan lupa untuk merawat dan memberikan apa yang diri mereka sendiri butuhkan, yang akan menyebabkan ketidakbahagiaan, harga diri rendah, atau sering merasa perasaan dendam. Meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri secara teratur dapat membuat kamu menjadi perawat yang lebih baik bagi dirimu sendiri ataupun orang lain.

4. Mengurangi stres dan kecemasan

Meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan santai, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik, menonton film, atau meditasi, adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk melakukan self-care. Melakukan aktivitas yang membuat kamu senang, lebih bahagia, atau lebih rileks dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan serta lebih menenangkan suasana hati kamu.

5. Kamu bisa membuat lingkungan dan hubungan menjadi lebih baik

Mungkin kita sering berpikir bahwa semakin kita bahagia dan sehat, semakin banyak yang bisa kita berikan untuk suatu hubungan, ini sangat penting jika kamu sudah menjadi orang tua. Memang mudah untuk kamu mendahulukan kebutuhan orang lain, tetapi kamu juga harus menjaga kesehatanmu sendiri.

Bagaimana Langkah melakukan self-care?

1. Olahraga

Olahraga merupakan suatu pilihan yang sangat baik untuk melakukan self-care, karena dapat memberikan dampak positif bagi pikiran kamu dan juga untuk tubuh kamu. Meskipun kamu mungkin tidak selalu merasa punya waktu untuk pergi ke gym atau berolahraga secara intens, kamu bisa melakukan jalan cepat untuk menjadi strategi perawatan dirimu.

2. Dengan melibatkan indra kamu

Cara self-care lainnya yaitu melibatkan indra kamu, dengan kamu melakukan mandi air dengan panas, menyalakan lilin beraroma, mendengarkan suara yang menenangkan, atau minum teh herbal, bisa menjadi pilihan untukmu agar relax dan menemukan rasa kedamaian pada diri kamu.

3. Melakukan tidur yang cukup

Tidur dapat memiliki efek besar pada diri kamu baik secara emosional maupun fisik. Tidak memiliki tidur yang cukup bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Tidur juga dapat mengurangi stress. Jika kamu mengalami stres terkait pekerjaan, tidur bisa menjadi cara terbaik untuk menenangkan diri setelah seharian bekerja keras dan akan jauh lebih rileks.

4. Meluangkan waktu bersama keluarga atau teman dekat

Melakukan self-care dengan berkomunikasi dan bermain bersama keluarga dan teman dekat kamu juga bisa menjaga menjaga hubungan sosial kamu. Buatlah upaya untuk meluangkan waktu untuk melihat keluarga dan teman kamu.

5. Melakukan hobi kamu

Kamu juga bisa menonton film, mendengarkan musik, atau membaca buku juga bisa lho menjadi cara kamu untuk melakukan self-care. Ketika kamu melakukan kegiatan yang membuat kamu senang, itu juga akan memberikan kamu energi yang positif dan bisa menghilangkan lelah dan stres.

6. Makan-makanan yang sehat

Makanan yang kita makan memiliki potensi untuk menjaga kita tetap sehat, juga dapat membuat pikiran kita tetap bekerja. Makan-makanan yang tepat dapat membantu mencegah kehilangan memori jangka pendek dan malah dapat memiliki efek positif pada jangka panjang otak. Beberapa makanan untuk perawatan diri seperti ikan, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau, brokoli.

Melakukan self-care memang tidak selalu mudah. Sebagian besar dari kita sangat sibuk, memiliki pekerjaan yang membuat stres, atau terlalu sibuk dengan kegiatan yang susah agar bisa meluangkan waktu untuk diri kita sendiri. Me-time biasanya menjadi agenda terakhir. Tetapi malah kadang, kita merasa membuang-buang waktu karena melakukan self-care. Namun, jangan pernah merasa merawat diri adalah membuang-buang waktu dan sempatkanlah waktu untuk kamu meluangkan waktu karena merawat diri memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan kita. Jangan lupa dan terus semangat untuk merawat diri ya!

Sumber

Davis, T. (2018). Self-Care: 12 Ways to Take Better Care of Yourself. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/click-here-happiness/201812/self-care-12-ways-take-better-care-yourself

Nina., & Pranajaya, S., A. (2020). Konsep Self-Care Bagi Konselor di Masa Pandemi. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 1(1), 33-45.

Scott, E. (2021). 5 Self-Care Practices for Every Area of Your Life. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/self-care-strategies-overall-stress-reduction-3144729

Scott, E. (2020). Why Self Care Can Help You Manage Stress. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/importance-of-self-care-for-health-stress-management-3144704




8 views0 comments

Comments


bottom of page