top of page
Writer's picturepsychotalk.id

Sebuah Seni Mencintai Diri Sendiri



Apakah kamu tau dan sadar akan pentingnya mencintai diri sendiri? Apakah dengan mencintai diri sendiri membuat kita menjadi pribadi egois?

Mari kita perdalam apa itu mencintai diri sendiri (self-love).


Apa itu self love?

Self love adalah sesuatu yang bisa kita lakukan sebagai bentuk penghargaan bagi diri sendiri. Sebagai individu yang mencintai diri sendiri, kita dapat menerima secara utuh kekurangan dan kelebihan yang kita miliki.


Dikutip dari Tirto.id mencintai diri sendiri atau self love bisa diartikan sebagai sebuah kedamaian dan kenyamanan dalam diri. Dengan mencintai diri sendiri, maka kita menerima diri sendiri, kita menghargai bahwa kita sebagai manusia mempunyai kekurangan dan juga kelebihan. Begitu juga dengan penerimaan kita terhadap orang lain, kita akan menerima dan juga menghargai orang-orang yang ada di sekitar kita secara lebih utuh, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini dikarenakan kita memiliki sudut pandang yang lebih positif terhadap orang lain.



Self love memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan mental diantaranya:

  1. Menjadi pribadi yang lebih bahagia dalam menjalani hidup.

  2. Lebih percaya diri dan menghormati orang lain

  3. Lebih bersyukur dan dapat melihat suatu hal secara lebih positif


Kemudian pertanyaannya adalah, Apakah mencintai diri sendiri (self love) sama dengan egois (selfish) ?

Dikutip dari riliv.co, ketika kita mencintai diri kita sendiri, itu berarti kita mampu menempatkan diri sendiri sebagai prioritas dalam hidup, tanpa harus menjadi egois atau selfish. Self love dan selfish pada hakikatnya memilliki arti yang berbeda. Selfish memiliki kecenderungan mementingkan dirinya sendiri, sehingga apapun yang dilakukannya memiliki dasar untuk menguntungkan diri sendiri. Sedangkan self love adalah sikap mencintai diri sendiri, tetapi juga tidak lupa untuk mencintai orang lain, sehingga keduanya seimbang dan adil.


Terkadang kita menemukan ada individu yang jarang memuji orang lain, selalu memberikan komentar negatif bahkan melakukan sesuatu kepada orang lain untuk imbalan. Maka perlu direnungkan kembali, bahwa mungkin saja individu tersebut belum sepenuhnya untuk mencintai dirinya sendiri, sehingga ia seakan-akan merefleksikan atau melakukan sesuatu seperti apa yang ia terima dari orang lain.


Seperti yang sudah dijelaskan diatas ketika individu sudah berhasil mencintai diri sendiri, maka ia-pun dengan senang hati dan tulus mencintai serta menghargai orang - orang id sekitarnya tanpa melihat upah atau imbalan yang ia akan dapatkan. Maka dari itu, penting untuk menumbuhkan perasaan sayang dan menghargai diri seseorang.


Apakah kamu sering membandingkan dirimu dengan aktor atau aktris cantik dan tampan yang kamu kagumi? Membandingkan bentuk wajah, fisik bahkan kesuksesan dalam hidupnya. Sampai kita lupa untuk berterimakasih pada diri sendiri karena Ia sudah berjuang sampai di titik dimana kamu berada sekarang, atau mungkin menggantungkan kebahagiaan kepada benda dan orang lain? Menurut psikolog Analisa Widyaningrum, seseorang yang menggantungkan kebahagiaan kepada benda atau orang lain, tidak akan merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya loh (Analisa Channel - Youtube).


Baik, mari kita coba sama-sama menjawab pertanyaan dibawah ini.

Coba Sebutkan Tiga Nama Orang yang Kamu Cintai

satu. ?

dua. ?

tiga. ?

Apakah ada namamu yang kamu sebut?


Sebuah pertanyaan menggelitik yang terkadang bisa menjadi renungan untuk kita semua. Seringkali kita lebih fokus untuk mencintai orang-orang yang ada di sekitar kita. Kita rela melakukan apa saja, bergantung, dan akan merasa sangat tertekan, sedih yang luar biasa ketika kehilangan orang tersebut dan berusaha mendapatkannya kembali. Namun, kita lupa bahwa ada seseorang yang selalu ada untuk kita sendiri, yang juga perlu kita sayangi, yaitu diri kita sendiri.


Mencintai diri sendiri berarti menerima dan menghargai diri kita sendiri dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, serta mampu menempatkan diri ini sebagai prioritas dalam hidup. Dengan self love berarti individu sudah satu langkah lebih menghargai diri kita sendiri daripada orang lain. Harapannya dengan kita mencintai diri kita terlebih dahulu kita siap untuk memberikan cinta kita kepada orang lain. Sehingga ketika dalam keadaan tertekanpun, kita sadar bahwa masih ada diri kita sendiri yang bisa diandalkan.


Walau terdengar sederhana, namun banyak dari kita mengalami kesulitan untuk mewujudkan self love. Self love sendiri sebenarnya sesuatu yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun terkadang individu melakukan sesuatu mengatasnamakan self love, namun ternyata hal tersebut bukanlah self love.


Bagaimana caranya untuk kita bisa melakukan self love ?

Mencintai diri sendiripun tidak memiliki aturan yang baku dalam pengaplikasiannya sehingga self love menjadi sebuah seni yang kita lakukan selama kita hidup. Namun dikutip dari Psychology Today, Deborah Khoshaba Psy.D menuliskan ada 7 langkah untuk melakukan self love :

  1. Become Mindful (Menjadi Mindful) . Orang yang lebih mencintai diri sendiri cenderung tahu apa yang mereka pikirkan,rasakan dan inginkan. Mereka sadar akan siapa mereka dan bertindak berdasarkan pengetahuan ini, bukan berdasarkan apa yang diinginkan orang lain untuk mereka.

  2. Act on what you need rather than you want (Lakukan apa yang kamu butuhkan daripada yang kamu inginkan). Dengan mencintai diri sendiri, kamu bsa mengabaikan sesuatu yang terasa menyenangkan dan menarik bagi dirimu sendiri dan lebih mementingkan apa yang kamu butuhkan. Dengan fokus dengan apa yang kamu butuhkan, kamu akan terselamatkan dari keinginan masa lalu yang memberikan kebahagiaan sementara dan perilaku yang tidak mencintai diri sendiri.

  3. Practice good self-care (Mempraktikkan Cara Mempedulikan dan Merawat diri dengan baik). Individu yang mencintai dirinya sendiri, berarti memperhatikan kebutuhan dasar dari dirinya. Ia akan melakukan aktivitas yang menyehatkan makan makanan yang bergizi, olahraga, tidur nyenyak, berinteraksi dengan orang-orang yang memberikan efek positif ke dirinya sendiri.

  4. Set boundaries (Membuat Batasan). Dengan mencintai diri sendiri berarti kita memberikan batasan dan belajar untuk mengatakan tidak pada pekerjaan-pekerjaan, cinta atau aktivitas yang menghabiskan atau merugikan diri sendiri secara fisik, emosional dan psikologis.

  5. Protect yourself (Melindungi dirimu). Lindungi dirimu sendiri dari orang-orang yang memberi dampak negatif kepadamu, kamu berhak memilih teman atau lingkungan yang memberikan postif vibes atau dampak positif kepadamu. Deborah Khoshaba Psy. D mengatakan "Ini adalah pesan untukmu singkirkan mereka! Tidak ada cukup waktu dalam hidup Anda untuk disia-siakan pada orang-orang yang ingin menghilangkan kilau di wajah Anda. "

  6. Forgive yourself (Memaafkan dirimu sendiri) Kita sebagai manusia bisa begitu keras pada diri kita sendiri. Sisi negatif dari mengambil tanggungjawab atas tindakan kita adalah menghukum diri sendiri terlalu banyak atas kesalahan dalam belajar dan tumbuh. Kamu harus bisa menerima dirimu sendiri (fakta bahwa kamu tidak sempurna) sebelum kamu benar-bener mencintai diri sendiri. Berlatihlah untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri saat kamu membuat sebuah kesalahan. Ingat, tidak ada kegagalan jika kamu telah belajar dan tumbuh dari kesalahanmu. Kamu akan hanya mendapatkan pelajaran yang bisa didapat untuk kemudian hari.

  7. Live intentionally. Kamu akan lebih menerima dan mencintai diri sendiri, apapun yang terjadi dalam hidupmu, dengan goals apa yang kamu inginkan. Tujuan tersebut harus jelas dan bermakna bagi dirimu sendiri. Dengan memiliki tujuan yang jelas,kamu akan melakukan sesuatu hal yang mendukung tercapaianya tujuan tersebut. Kamu juga akan melakukannya dengan senang hati dan merasa nyaman. Jika kamu berhasil mencapainya, kamu akan lebih mencintai dirimu sendiri. Sebagai contoh, kamu ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal seperti artis korea. Namun kamu harus merumuskan tujuanmu, menjadi tubuh yang ideal supaya kamu sehat dan mudah untuk beraktivitas. Sehingga kamu berolahraga dan makan makanan yang sehat, dimana aktivitas-akivitas ini akan kamu jalani dengan perasaan senang hati sehingga membuatmu akan nyaman untuk melakukannya.

"Pada akhirnya mencintai diri sendiri adalah menghargai dan menerima diri kita sendiri dengan melakukan sesuatu yang kita butuhkan sehingga kita menjadi pribadi yang positif dan mampu menempatkan diri kita di lingkungan yang positif juga"


Tim @psychotalk.id

AMP


DAFTAR PUSTAKA


Daftar Gambar


29 views0 comments

留言


bottom of page