top of page
Writer's picturepsychotalk.id

Review Buku Lagi Probation (Menikmati Perjalanan Mencari Kerja)



Judul Buku : Lagi Probation (Menikmati Perjalanan Mencari Kerja)

Penulis : Samuel Ray

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka tama

ISBN : 978-602-06-3830-0

ISBN Digital : 978-602-06-3831-7


"Mencari kerja adalah proses yang dihadapi semua orang dalam perjalanan kariernya. Namun seringkali ada kebingungan dan ketidakpastian yang muncul. Mulai dari informasi yang nggak lengkap mengenai lowongan kerja. HRD yang susah diubungi, sampai, nego gaji yang alot."


diatas adalah paragraf yang penulis ambil dari buku karya Samuel Ray, "Lagi Probation."

Menurut reviewer, Lagi Probation adalah buku simple yang sangat menyentuh .

Kenapa ?

  1. Menceritakan pengalaman Samuel Ray lugas alias tidak bertele-tele

  2. Tips melamar kerja yang gokil

  3. Tantangan yang harus dijalani

  4. Sikap dan kemampuan yang harus dimiliki

Pada bagian awal, pembaca akan disuguhkan pengalaman Samuel tentang "Betapa Sulitnya" kondisi Ia saat itu. Samuel ingin keluar negeri tapi tidak ada biaya, hingga akkhirnya Samuel memiliki kesempatan untuk studi di luar negeri. Tidak hanya itu saja, buku ini menceritakan bagaimana Samuel merintis karirnya dari bawah dan tidak ragu untuk mencoba setiap peluang yang ada hingga akhirnya mendapatkan pekerjaan. Pembaca dibawa pada keadaan memahami kondisi yang ada, kemudian mencari peluang dan berusaha untuk mendapatkannya sesulit apapun itu. Pada bagian awal buku juga mengajarkan bahwa "Kita harus pandai mencari peluang dan mendapatkannya termasuk menghadapi tantangan yang sudah sepaket didalamnya.Seperti judulnya " Lagi Probation" dimana setiap perjalanan adalah rangakaian persiapan untuk memasuki fase baru setelahnya. Ketika inndividu bisa melewati fase probation atau percobaan ini dengan baik, maka individu bisa melanjutkan langkah selanjutnya.


Pada bagian selanjutnya, pembaca dibawa pada sebuah proses dalam pencarian kerja. Lalu apa saja sih yang harus dipersipkan mencari kerja?

Banyak sekali. Tapi, jangan takut dulu ya, mari kita ketahui bersama.

Beberapa persiapan tersebut adalah:

  1. Sikap dan kemampuan, sebenarnya semua buku ini banyak menceritakan tentang sikap dan kemampuan. Tapi menurut saya sikap dan kemampuan haruslah dimiliki seseorang sebelum memulai bagian hidup yang baru, salah satunya bekerja. Sebelum bekerja tentunya pelamar dituntut untuk memiliki sikap yang baik dan juga kemampuan yang mumpuni sesuai bidangnya. Beberapa sikap yang sebaiknya dimiliki adalah tekun, memiliki pemikirn terbuka, jujur, memiliki daya juang, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan kemampuan? Kalau yang ini tentunya sesuai bidang masing-masing individu, tapi paling tidak inidvidu perlu menguasai soft skill, diantaranya kemampuan dalam berkomunikasi, kepemimpinan, kemampuan berfikir kritis dan masih banyak lagi yang dibahas pada buku ini. Yah, untuk mendapatkan dan mengetahui kemampuan-kemampuan tersebut para pencari kerja perlu mengenali dan menggali potensi diri sendiri terlebih dahulu, kemudian setelah itu dituangkan dalam CV, portofolio, dan surat lamaran pekerjaan.

  2. Aktif mencari dan melamar lowongan pekerjaan. Tentunya teman-teman harus aktif mencari lowongan pekerjaan, datang ke perushaan A,B,C,dan D. Beruntung saat ini sudah ada layanan online untuk pencari pekerjaan, seperti Jobstreet,Kalibrr, Linkedin dan lain-lain. Penulis mengingatkan untuk memastikan membaca kriteria yang dibutuhkan perusahaan terlebih dahulu agar sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga CV (curicullum vitae) dapat diproses.

  3. Bertarung secara sehat dan sebaik mungkin untuk menjalani proses seleksi dari perusahaan dimana pelamar kerja mendaftar. Ketika sudah memasuki tahapan ini, pelamar perlu memperiapkan diri sebaik mungkin agar bisa merepresentasikan dirinya dengan baik pada recruiter. Samuel menuliskan menjadi beberapa bab yan berbeda disertai tips di setiap tahapnya. Mulai dari psikotes, interview dengan HRD,user hingga atasan, medical checkup hingga ke tahap offering untuk melakukan negosiasi khususnya pada gaji.

  4. Tahapan yang terakhir adalah bersyukur dan lakukan yang terbaik. Apapun hasilnya entah diterima atau tidak. Pencari kerja sebaikya selalu bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan, sehingga individu semakin mengerti apa arti dari sebuah perjuangan. Jika diterima maka tunjukkan kualitas yang terbaik dari diri masing-masing. Lakukan yang terbaik untuk diri sendiri, orang-orang disekitar dan perusahaan tempat bekerja. Namun jika pencari kerja gagal, Samuel disini berpesan untuk tidak apa-apa jika merasa sedih, namun kemudian perlu bangkit kembali. Bangkit disini diserta dengan segudang pengalaman dan mencoba melakukan yang terbaik agar tidak jatuh di lubang yang sama.

Bagi individu yang baru pertama kali mencari pekerjaan, sedang ingin mencari pekerjaan baru atau sedang mengenang masa-masa pencari pekerjaan buku ini layak untuk dijadikan bahan bacaan dan teman dalam mencapai ke fase berikutnya. Karena hidup adalah sederhana "menjalani suatu proses probation ke probation selanjutnya."


"Apapun mimpimu saat ini, nggak ada mimpi yang terlalu kecil ataupun besar."

"mencari kerja memang nggak gampang tapi gue percaya selalu ada alasan untuk bangkit dan mencoba lagi. Maka temukan alasanmu sendiri untuk dapat bangkit dan mencoba kembali apa yang telah kamu mulai dan kamu gagal.

karena..

kegagalan adalah keniscayaan hidup."

-Samuel Ray-

Rate : 4.5 dari 5 poin


Tim @psychotalk.id

YAW

7 views0 comments

Comments


bottom of page