top of page
Writer's picturepsychotalk.id

Ilmu Psikologi Ilmu Meramal? Yuk Cari Lebih Dalam Apa Itu Ilmu Psikologi

Updated: Jul 1, 2020

Masih banyak masyarakat kita yang mengganggap Ilmu Psikologi sebagai ilmu meramal dan membaca pikiran orang. Tak sedikit juga masyarakat masih salah menyebutkan Psikologi dengan Psikolog begitupula sebaliknya. Apakah teman-teman disini masih berfikiran seperti itu? Jika iya, yuk kita cari lebih lanjut mengenai Ilmu Psikologi.



Dalam buku Kode Etik Psikologi Indonesia (2010) , Psikologi merupakan ilmu yang berfokus pada perilaku dan proses mental yang melatarbelakangi, serta penerapan dalam kehidupan mandusia. Dikutip dari Psikodemia.com, Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia, baik perilaku yang nampak maupun tidak, baik sebagai individu maupun berhubungan dengan lingkungan.

Di dalam buku Kode Etik Psikologi Indonesia juga dijelaskan bahwa ahli dalam ilmu Psikologi dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu profesi atau yang berkaitan dengan praktik psikologi dan ilmuan psikologi termasuk dalam hal ini ilmu murni atau terapan. Psikolog adalah profesi yang memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Psikologi dan lulus Pendirikan Magister Profesi Psikologi yang memiliki kewenanangan memberikan layanan psikologi dan wajib memiliki izin praktik Psikolog. Sedangkan Ilmuan Psikologi merupakan ahli dibidang ilmu psikologi terapan dengan latar belakang pendidikan strata 1 dan atau strata 2 dan atau strata 3 dalam bidang psikologi. Ilmuan Psikologi memiliki kewenangan seperti meneliti, mengajar, supervisi dalam pelatihan, layanan masyarakat, mengembangkan kebijakan,intervensi sosial, pengembangan instrumen asesmen psikologi, meng-administrasikan asesmen, konseling sederhana, konsultasi organisasi dan perancangan dan evaluasi program. Ilmuan psikologi juga dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok ilmuan murni (sains) dan terapan.



Psikologi sendiri memiliki banyak bidang-bidangnya. Terdapat beberapa bidang di dalam dunia Psikologi, yaitu:

  1. Psikologi perkembangan, dengan bagaimana manusia menjadi diri mereka sendiri dari konsepsi sampai kematian.

  2. Psikologi soial menangani manusia dalam kaitannya dengan interaksi sosial, hubungan,persepsi, kognisi, dan sikap. Seperti pengaruh kelompok pada pemikiran individu (Brewer 2007).

  3. Psikologi industri, memusatkan pada tempat kerja,seperti masalah personalia dan pengelolaan sumber daya manusia di organisasi tersebut. Yang biasanya kita kenal sebagai divisi Human Resources. (Fouad,2007)

  4. Psikologi klinis dan konseling, para psikolog klinis konseling mendiagnosis dan menangani orang-orang dengan gangguan psikologis (Nolen-Hoeksema, 2007; Prochaska &Norcross,2007).

  5. Psikologi pendidikan , menangani pembelajaran dan penyesuaian anak di skekolah, membuat rekomendasi mengenai penempatan pendidikan dan perencanaan sistem pendidikan .

  6. Psikologi forensik, menerapkan konsep psikologi kepada sistem hukum(Fradella,2006).

Teman-teman bisa memilih pekerjaan sesuai dengan bidang-bidang yang sudah disebutkan diatas. Dikutip dari King (2012), kita bisa melihat beberapa sektor yang bisa menjadi tempat lulusan Psikologi dapat bekerja.



Singkat ceritanya Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia, sedangkan Psikolog merupakan profesi yang mempelajari ilmu Psikologi dengan pendidikan Sarjana Psikologi dan Magister Profesi Psikologi. Seorang Psikolog bisa mengetahui karakter kepribadian, emosi, kebiasaan sehari-hari, dan perilaku seseorang melalui metode asesmen dan mencocokannya dengan teori yang sudah Psikolog pelajari. Diagnosa seorang Psikolog juga dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak ada kata lagi bahwa Psikolog atau orang yang mempelajari tentang ilmu psikologi pandai meramal atau membaca pikiran orang.

Nah sekarang teman-teman sudah lebih mengetahui kan tentang ilmu Psikologi. Semoga teman-teman bisa lebih memahami ya apa itu Psikologi ya.


SAP & MAP

tim PSYCHOTALK.ID



DAFTAR PUSTAKA

Alvian, I, N, Suryanto,dkk. 2017. Pengantar Psikologi Sosial. Airlangga University Press.

Fradella, F.H, 2007. Forensic Psychology: The Use of Behavioral Science in Civil and Criminal. Justice Paperback.

HIMPSI. 2010. Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta. Penerbit: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.

King, Laura A. 2010. Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif The Science Of Psychology – An Appreciative View. Jakarta: Salemba Humanika.

SUMBER GAMBAR

16 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page