top of page
Writer's picturepsychotalk.id

Atasi Masalah dengan Coping Stress Mechanism



Apakah kamu pernah mengalami hari-hari yang berat di sekolah atau kantor? Atau masalah-masalah yang membuat kamu stres menjalaninya? Memiliki keterampilan dalam coping stress mechanism yang sehat ternyata dapat membantu kamu untuk melewati masa-masa yang sulit itu loh.

Apa sih Coping Stress Mechanism itu?

Coping stress mechanism atau mekanisme koping adalah cara yang dilakukan individu dalam menyelesaikan masalah, menyesuaikan diri dari perubahan, serta respon terhadap situasi yang mengancam (Kelliat, B.A. 1999). Jika seseorang berada pada kondisi stres ia akan menggunakan berbagai cara untuk mengatasinya seperti menggunakan satu atau lebih sumber koping yang ada.

Tetapi tidak semua mekanisme koping dilakukan secara sehat. Terkadang, seseorang melakukan sesuatu negatif dan tidak sehat sebagai mekanisme kopingnya, namun itu semua hanya menciptakan masalah yang lebih besar di kemudian hari karena itu penting untuk membangun mekanisme koping yang sehat yang akan membantu kamu mengurangi melepaskan diri dari situasi stres yang kamu hadapi.

Faktor Apa Saja yang Dapat Mempengaruhi Coping Stress Mechanism?

- Kesehatan fisik dan mental

Kesehatan merupakan hal yang penting, karena selama dalam mengatasi masalah stres, seseorang dituntut untuk menggerakan tenaga yang cukup besar sehingga dalam hal ini kesehatan sangat penting.

- Keyakinan atau pandangan positif

keyakinan menjadi sumber daya psikologis yang sangat penting, seperti keyakinan atau pandangan positif menurunkan kemampuan strategi koping.

- Keterampilan memecahkan masalah

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk mencari informasi, menganalisa situasi, mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif tindakan, kemudian mempertimbangkan alternatif tersebut sehubungan dengan hasil yang ingin dicapai, dan pada akhirnya melaksanakan rencana dengan melakukan suatu tindakan yang tepat.

- Keterampilan sosial

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk berkomunikasi dan bertingkah laku dengan cara-cara yang sesuai dengan nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat.

- Dukungan sosial

Dukungan ini meliputi dukungan pemenuhan kebutuhan informasi dan emosional pada diri seseorang yang diberikan oleh orang tua, anggota keluarga lain, saudara, teman dan lingkungan masyarakat sekitarnya.

Tips untuk Melakukan Coping Stress Mechanism

- Istirahat

Kamu bisa coba dengan istirahat sejenak, seperti tidur atau melakukan hobi yang menyenangkan dan juga dengan tidak memikirkan sesuatu yang dapat membuat kamu stress.

- Mencari support system

Kamu bisa bercerita kepada keluarga atau teman dekat kamu untuk mengurangi rasa stres kamu. Mereka juga dapat membantu dan memberi saran untuk kamu agar dapat keluar dari situasi stres yang kamu rasakan dan juga membiarkan kamu melampiaskan frustasi tentang situasi stres.

- Berolahragalah secara teratur

Kesehatan fisik dan mental merupakan hal yang penting bagi kehidupan, aktivitas fisik seperti olahraga dapat meningkatkan endorfin perasaan baik kamu dan mengalihkan pikiran kamu dari apa yang membuat kamu stres. Jika kamu tidak bisa pergi ke gym, kamu bisa melakukan olahraga di rumah, seperti jalan santai atau yoga.

- Melatih mindfulness

Kamu bisa buat daftar hal-hal yang kamu syukuri, membayangkan "tempat bahagia" yang kamu kunjungi, atau melihat foto-foto orang-orang yang kamu sayang, tempat, atau hal-hal yang membawa kegembiraan di hidup kamu.

- Mencari bantuan profesional

Jika rasa stres kamu tidak berkurang dan malah semakin memburuk, kamu bisa mencari bantuan profesional untuk mendapatkan bantuan yang tepat. Mereka dapat membantu kamu mengidentifikasi masalah kamu untuk meminimalkan stres yang kamu rasakan.

Sumber

Fandri, O. (2013). Mekanisme Koping dalam Mengatasi Stres pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Departemen Kesehatan RI Tingkat Satu Meulaboh. Universitas Teuku Umar

Morin, A. (2021). Healthy Coping Skills for Uncomfortable Emotions. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/forty-healthy-coping-skills-4586742

The Healthline Editorial Team. (2017). Coping with Stress. Healthline. https://www.healthline.com/health/stress-help


6 views0 comments

Comments


bottom of page